Minggu, 24 Juli 2011

Tips Bersepedah!

Seperti yang tidak pernah saya janjikan, sekarang saya akan memberitahu tips-tips sehat mengendarai sepedah. Agar badan kita sehat dan tidak dibuat-buat seperti Malinda Dee. #whatthehelldoyoutalkingabout,Hunt?
baik, kembali fokus ke topik pembicaraan. Tips-tips sehat mengendarai sepedah adalah sebagai berikut.

Pertama: Pemilihan Sepedah.
tips ini adalah salah satu tips terpenting, karena jika pemilihan sepedah salah, maka akan sulit untuk mengendarainya, pemilihan sepedah secara asal-asalan dapat merugikan sang pengendara #overformallanguage. Pemilihan sepedah dapat disebabkan karena beberapa faktor.
Faktor #1: Kekayaan.
Faktor ini adalah faktor paling mujarab akan pemilihan sepedah, kalau sang pengendara itu tergolong orang yang mampu, dia bisa membeli sepedah sesuka hati dia. Tapi jika sang pengendara kurang mampu, dia hanya bisa membeli sepedah yang dapat memenuhi kebutuhannya.
Faktor #2: Kemampuan.
faktor ini juga jangan diabaikan, karena apabila kemampuan sang pengendara untuk mengendarai sepedah bersistem “Rem Torpedo” seperti sepedah Fiksi itu buruk, maka carilah sepedah yang sekiranya dapat dan sudah dikuasai oleh sang pengendara.
Faktor #3: Lingkungan.
faktor yang terakhir, faktor yang harus di perhatikan dalam hal memilih sepedah, apabila lingkungan sang pengendara banyak tanjakannya, maka saya sarankan gunakanlah sepedah gunung bersistem gigi.
itulah ketiga faktor yang harus diperhatikan dalam hal memilih sepedah.

Kedua
: Medan yang akan dilalui.
tips ini memandu kita untuk kelancaran kita dalam bersepedah, diusahakan agar medan yang dilalui sudah diketahui atau dipahami sebelumnya, karena itu akan memperlancar perjalanan kita sampai tujuan. Dalam tips ini, akan saya jelaskan cara mengendarai sepedah yang bergigi gear ataupun non gigi, dan beberapa medan yang saya ketahui.
#1.Medan datar, medan ini adalah medan yang biasa kita temui di perjalanan, untuk sepedah bergigi gear 2 (gear depan dan gear belakang) , saya sarankan menggunakan gigi 3-3,3-1, atau 2-2 (susunan adalah (gigigeardepan-gigigearbelakang), susunan pertama(3-3) adalah susunan gigih yang mempercepat laju sepedah dengan kekuatan yang agak berat, sedangkan susunan kedua(3-1) adalah susunan standart yang digunakan oleh pengendara yang *terburu-buru, sikap ini akan dijelaskan di tips Ketiga. Dan susunan terakhir(2-2) adalah susunan bagi orang yang ingin santai bersepedah. Bagi sepedah bergigi gear 1(gear belakang) gunakanlah gigi 4 atau 5, karena gigi-gigi itu sangat membantu. Dan bagi sepedah non gigi, ya biasa ajalah.
#2.Medan tanjakan, medan ini adalah medan yang paling menantang bagi segelintir orang termasuk saya dan yang paling menyebalkan bagi banyak orang, karena membutuhkan kekuatan yang extra. Untuk sepedah bergigi gear 2 gunakanlah gigi 2-1,1-5, atau 1-4. Fungsi ketiga susunan itu sama dengan susunan di Medan datar, bagi sepedah bergigi gear 1 gunakanlah gigi 1,2 atau 3. Karena ketiga gigi ini berfungsi untuk menghadapi tanjakan, cara menggantinya juga unik, kita harus memutar roda untuk berpindah dari gigi lain ke gigi 1,2, atau 3. (contoh dari gigi 4 ke gigi 2). Untuk sepedah non gigi gear seperti fiksi, jangan dipaksakan untuk mengayuh, karena sepedah fiksi adalah sepedah yang khusus untuk Medan datar, untuk sepedah jenis ini turunlah dari sepedah dan dorong sepedah sampai bertemu dengan jalur Medan datar.
#3.Medan turunan, ini adalah medan yang sangat digemari oleh para pengendara, tapi selain menyenangkan dan memacu adrenalin, medan ini adalah medan yang berbahaya, karena jika kita terlalu lengah, nyawa bisa menjadi taruhannya #that’skiddingguys,don’tbelivehe.
di medan ini seluruh jenis sepedah hanyalah tinggal menahan kestabilan laju sepedah dengan menggunakan rem.
itulah medan-medan yang saya ketahui.

Ketiga
: penyetelan sepedah.
Penyetelan sepedah adalah faktor terpenting dalam kesehatan sang pengendara. Penyetelan sepedah terbagi atas seluruh bagian sepedah itu.
#1.Penyetelan Sadel/Jok.
Penyetelan Sadel/Jok adalah hal yang sangat penting untuk membuat kaki sang pengendara nyaman, karena itu penyetelan sangat penting. Cara penyetelan sadel/jok ini adalah menyesuaikan kelurusan kaki dengan cara, pedal sepedah yang kanan terletak di bawah, lalu injak pedal kanan itu, sambil anda duduk di sadel/jok, apabila kaki kanan masih ada bengkokkan di bagian tumit eh lutut #i’msorry, artinya kalian harus menaikan sadel/jok hingga kaki kanan anda terlihat agak lurus. Itu adalah cara penyetelan sadel/jok yang membuat kaki kita tidak mudah pegal saat menaiki sepedah.
#2.Penyetelan Velk.
Penyetelan Velk ini berguna untuk memperindah sepedah kita, tapi Penyetelan Velk disesuaikan dengan Sadel/Jok, Cassis sepedah, dan postur tubuh si pengendara. Jika postur tubuh si pengendara tinggi, pastinya sadel/jok juga tinggi, tapi Cassis sepedah adalah faktor penting, jika anda memilih sepedah dengan Cassis sepedah yang tebal, carilah velk yang tebal dengan jari-jari sekitar 20-30 cm. Itu adalah saran saya tentang Penyetelan Velk.

Keempat
: Keamanan.
Keamanan haruslah dijaga. Apalagi kalau kalian bergabung ke komunitas Downhill yang memiliki medan turunan yang super crazy #youthink?.
dan keamanan pada sepedah itu adalah sebagai berikut.
#1. Grip sepedah
menggunakan grip sepedah pada stang sepedah adalah hal yang penting, karena grip sepedah membuat tangan kita tidak mudah terlepas dari stang sepedah.
#2. Sarung tangan
menggunakan sarung tangan adalah kecocokan dari menggunakan grip pada stang sepedah, agar tangan tetap melekat pada grip dan tidak mudah terlepas dari stang sepedah.
#3. Helm
menggunakan helm menolong kita agar tidak terjadi sesuatu di kepala kita saat kita jatuh.
#4. Kevlar (tidak terlalu penting)
bagi anda yang takut paru-paru anda basah, gunakanlah kevlar.
#5. Pelindung sikut dan lutut. #idon’tknowthat’sname
dipakai agar lutut dan sikut kita tidak lecet saat terjatuh dari sepedah.
mungkin itu saja hal-hal yang harus diperhatikan untuk keamanan mengendarai sepedah.

Kelima
: Kenyamanan.
ini adalah tips terakhir yang mungkin paling singkat karena tips ini tidak terlalu penting. #isaid
saat kita mengendarai sepedah kita juga bisa melakukan aktifitas lainnya seperti mendengarkan musik.
jika anda gemar mendengarkan musik, pakailah headset atau handsfree untuk mendengarkan musik. Ada lagu-lagu yang saya sarankan saat mengendarai sepedah.
1. Dive to blue – L’Arc~en~Ciel (Japan)
2. Don’t Cry – Gun and Rosses (English)
3. Bintangku – J-Rocks (Indonesian)
4. Driver’s High – L’Arc~en~Ciel (Japan)
5. Ready Steady Go! – L’Arc~en~Ciel (Japan)
itu lagu-lagu yang saya sarankan kepada kalian, anda pasti bertanya-tanya kenapa lagu-nya terlalu banyak yang Jepang, ya karena itulah saya menyukai musik yang berbau Japanesse.
Pesan: tips mendengarkan lagu dapat membahayakan keselamatan kita jika tidak konsentrasi.
Ya sekian tips dari saya The Hunter Of A.S.O.F.
semoga kalian puas dan jangan lupa comment post saya, atau lewat buku tamu/chatting di blog saya. Thank ya!

0 komentar:

Posting Komentar