Sabtu, 06 Juni 2020

Formalitas tanpa Formalin.

Selamat datang, selamat membaca kembali.

Gua kali ini mau membahas perihal lebaran di tahun 2020. Spesifiknya gua mau ngomongin kue kering lebaran kayak nastar, putri salju, dan lain-lain dah.
Gila juga yak, kalo diitung dari terakhir gua nulis di ini blog, itu tahun 2016, di awal2 gua mau masuk kuliah. Dan sekarang, gua baru nulis lagi di tahun 2020, di Tahun akhir kuliah. HAHAHA. comeback yang manis dari Hanif Farhan.
"Apakah comeback ini akan melebihi comeback boyband/girlband Korea?" 
Tentu aja enggak, denger-denger si ada konspirasi kalo boyband atau girlband Korea comeback, tapi gatau juga deh, gua juga kagak ngikutin kekoreaan, karena jejepangan adalah kunci. Lahiya, jadi ngomongin Korea.

mari kita lanjut membahas dunia per-kue-an dalam tradisi Lebaran.

Set Kue Lebaran di rumah gua tahun ini.
Be te we nih, mau nanya dulu dah, itu gimmick tanya-jawab di blog masih ngena gak sih hahaha. gua di atas sempet make, tapi udah gak kerasa lagi ya di gua. buat klen klen yang gatau gimmick tanya-jawab yang gua maksud, sini gua jelasin dikit:
jadi itu gimmick dengan cara lu nanya ke diri lu pake tipe font atau jenis font lain (contoh: italic), terus nanti yang jawab ya lu sendiri HAHAHA. Pertama gua baca jenis gimmick kayak gitu kayaknya dipake Raditya Dika kalo gak Shitlicious deh, dan dulu gua sering bat make, hahaha, gatau dah sekarang masih kena apa enggak, rada kurang gitu ya hehe.

Lanjut lanjut. 

"Formalitas Tanpa Formalin". Sebuah judul.
Anjas, biar kayak anak twitter "-- sebuah utas --".
Jadi, ini lebaran tahun 2020, dan banyak hal terjadi sebelum lebaran ini, dan gua gatau akan ada apa ke depannya. Salah satu yang sangat besar dan sialnya itu terjadi adalah Virus Corona yang breakout dan mengharuskan kita mengkarantina diri dulu, singkatnya pemerintah ngebuat aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), jadi physically kita bener-bener susah buat bersosial, tapi tetep bisa dilakuin secara online, yaa semua ini dilakuin biar meminimalisir penyebaran virus corona.

Daan, PSBB juga jadi alesan gua buat nulis lagi. karena banyak gabutnya, brouw. Gua senang berbagi cerita dan pikiran, tapi gua lupa ada sarana blog ini haha. jadi gua rapihin dikit ini blog biar gak sampah-sampah amat. tapi kontennya masih sampah si. hahaha.

Balik lagi, Ada apa dengan kue?
Yaaa, di rumah kalian yang merayakan pasti ada kue lebaran dongg, iya dongg? iya kann? plis lah. Paling enggak, "NASTAR" adalah kue yang kayaknya gak luput dari Lebaran, bahkan gua baru inget ada kue ini kalo Lebaran doang, eh sekarang tapi ada kue NASTAR bermerk "N*XTAR" yak? yaa tetep aja, rasanya, Nastar itu ya punya Lebaran, bodo ah egois dikit.

Di rumah gua, gabisa dipungkiri emang kayak tradisi atau kewajiban buat nyiapin kue lebaran, yang wajib ada sih Nastar sama Putri Salju, makanya gua sendiri khatam rasanya, gatau deh ini yang buat orang yang sama apa enggak dari tahun ke tahun. Buat apa kuenya? ya buat orang-orang yang bersilaturahim ke rumah gua, buat disuguhkan, masa meja tamu ya kann.
Berarti meja tamunya gak kosong kalo lebaran doang? Iya bener. hahaha. entah kenapa memang selalu begitu. Kalau-kalau nanti nyisa dikasihnya ke siapa? Ya kita-kita sekeluarga yang makanin. Hahaha. kayaknya semua rumah begitu deh sistemnya.

Di atas udah ada gambaran tuh meja tamu gua begitu doang, buat naro per-kue-an. selain yang menjulang, ada 3 yang menjadi tokoh utama. Iya, yang warna ijo itu, ada yang bisa tebak ke-tiga itu isinya apa?

NAH INI KETIGA TOKOH UTAMANYA
IYAK BENAR.
sebelumnya gua udah mention Nastar sama Putri Salju. yang ditengah gua lupa namanya, pokoknya kacang-kacangan dah. Buat pemeran pembantunya, alias si toples oren dan putih, gua lupa moto juga, tapi isi si oren itu kacang mede, dan si putih itu kembang goyang. Iya. gak cuma rumput yang bisa bergoyang, kembang juga bisa.

IYAK, BENAR LAGI.
Toplesnya sudah tidak penuh, karena sudah kita makan-makanin dong. Sebagai tuan rumah harus nyoba makanannya dulu biar tamu-tamu tidak keracunan, bukan?

Setelah seminggu toples-toples itu berada di atas meja ruang tamu, barulah gua sadari, kejanggalan yang seharusnya tidak terjadi. Pas banget, saat itu nyokap lagi duduk di bangku deket toples-toples itu, dan tangannya perlahan bergerak menuju salah satu dari toples itu, iya, beliau akan memakan lagi kueh-kueh lebaran itu. Pas banget, di tempat dan waktu yang pas, gua bilang ke nyokap.

"Pantes aja gak ada tamu yang kemari mah, kan kondisinya lagi gini juga, PSBB, karantina."
"Ya emang, lagi juga biasanya kita emang tiap tahun lebaran hampir gak ada tamu, wong kita yang lebih sering namu."

Iya juga. Benar juga. gua juga baru sadar. Hampir gak pernah ada yang namu ke rumah kita pas lebaran. Eh tapi, jawaban nyokap justru bikin gua bingung. Lu juga kan? Apa jangan-jangan lu bingung apa yang gua bingungin? Oke, gua akan kasitau apa yang gua bingungin dengan pertanyaan selanjutnya yang gua lontarkan ke nyokap. Iya. Nyokap gua.

"Iya juga yak, jarang yang namu. Lah tapi, mama udah tau begitu, kenapa malah mesen kueh? buat apaan juga ujung-ujungnya yang ngonsumsi kita-kita doang."
"Ya mantesin dong an, lagi lebaran gini, formalitas aja ada kueh lebaran di meja ruang tamu."

Formalitas.
Benar, nyokap gak nyebut ini sebagai tradisi, karena menurut beliau ini adalah formalitas. Apa bedanya? kalo tradisi gadilakuin, gua rasa kita bakal ngerasa bersalah atau kurang. Tapi formalitas kalo gak dilakuin, paling cuma komplen dari pihak kedua doang. Pihak ke dua siapa? Tamu yang ke rumah kita. Ada? Kagak.

Yang terpenting dari lebaran a.k.a Idul Fitri kan bukan kueh lebarannya ya kan, tapi kembali ke fitri, 'dari nol yak pak' kalo kata petugas SPBU. Saling memaafkan, putihin lagi kanvas kehidupannya. Kalo tradisi-nya di keluarga gua ya silaturahim, rasanya ada yang salah kalo kita gak silaturahim, entah itu kita yang nyamperin atau kita yang nyamperin.

Dan Lebaran tahun ini gua ngerasa sangat amat salah, karena se-RT atau mungkin se-daerah rumah gua, gak ada yang keliling-keliling maap-maapan saling silaturahim. Kenal gak kenal, minta maap dah pokoknya, siapa tau kita bikin salah secara gak sengaja kan. Bener-bener rindu suasana begitu, gak mandang agama atau ras, semuanya keluar ke jalanan buat maaf-maafan, atau sekedar bincang-bincang.

Udah lah, orang gua cuma mau ngomongin kueh lebaran, jadi kemana-mana, sedih sendiri jadinya. Salam juga buat kalian, temen-temen yang merantau, yang menahan diri untuk gak pulang kampung demi meminimalisir penyebaran virus ini, kepsir dari gua.

Gua undur diri dulu, semoga bisa lanjut di lain tulisan. -hnfrhnzduapuluh

0 komentar:

Posting Komentar